Monday 4 November 2019

KONSEP TEKNOLOGI KONVERGENSI, JEJARING SOSIAL, PODCASTING, RSS, IPTV, SEBAGAI LAYANAN APLIKASI NEW MEDIA


KONSEP TEKNOLOGI KONVERGENSI, JEJARING SOSIAL, PODCASTING, RSS, IPTV, SEBAGAI LAYANAN APLIKASI NEW MEDIA

Pengertian Teknologi Konvergensi



Hasil gambar untuk teknologi konvergensi

Konvergensi Teknologi  adalah  suatu  penggabungan  dua buah hal berbeda yang berbau media-media  teknologi informasi dan komunikasi yang  sudah  ada  untuk  digunakan  dan  diarahkan  kedalam  satu  tujuan yang  mengarah  pada  penciptaan  produk-produk  yang  aplikatif  yang  mampu melakukan  fungsi  audiovisual  sekaligus  komputasi.

Konvergensi teknologi menjadi sebuah trend baru yang bakal mengubah cara hidup bermasyarakat dan perilaku bisnis. Fakta ini seolah kian menegaskan, masyarakat dunia telah memasuki era baru yang serbamobile, praktis, personal, dan digital. Bisnis informasi dan komunikasi sebagai salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi dunia yang telah mengalami pergeseran. Studi juga menunjukkan bahwa pertumbuhan internet mobile merupakan sebuah fenomena global, bukan hanya terbatas pada negara maju, yang biasanya terjadi dengan teknologi sebelum trend. Lima kunci trend konvergensi teknologi untuk memacu pertumbuhan majunya penggunaan internet mobile termasuk 3G (dan segera hadir layanan 4G) broadband, popularitas jaringan sosial, video online, layanan VOIP seperti Skype, serta adanya perangkat mobile yang dapat melakukan tugas-tugas seperti layaknya sebuah komputer desktop atau laptop. 
 
Internet Broadband

Hasil gambar untuk internet broadband

Istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet dengan mengunakan teknologi broadband. Pengertian Broadband dalam arti harfiah, berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, proses akses internet dial-up sangatlah lambat, kecepatan koneksi dial-up terlalu lamban karena saluran telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor inilah  membuat metode koneksi broadband ini disukai untuk akses internet.

Istilah, broadband mengacu pada koneksi bandwidth  internet. Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet.  transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer sangat tinggi dibandingkan dengan koneksi dial-up internet. Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada kecepatan, biaya dan ketersediaan.

·         VPN

Hasil gambar untuk vpn

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.

Jika diartikan satu per satu, virtual merupakan hal yang tidak nyata atau semu, di dunia maya/internet. Lalu, definisi dari private adalah hal yang bersifat pribadi, tidak bisa diakses sembarang orang. Untuk menjaga kerahasaiannya dari jaringan publik, maka semua data akan dienkripsi. Sedangkan network adalah jaringan koneksi yang saling terhubung.


Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Konvergensi 

Hasil gambar untuk pemanfaatan teknologi informasi dan konvergensi

·        Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi (TI) menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Beberapa contoh penerapan Teknologi Informasi dalam kehidupan sehari hari adalah pada bidang pendidikan,kesehatan,perbankan dan bisnis.

·         Konvergensi

Dilakukan oleh media penyiaran televisi di Indonesia. awalnya disiarkan sesuai dengan coverage area. Namun kini tidak hanya mengandalkan siaran terrestrial akan tetapi telah menerapkan proses divergensi media dengan merambah ke arah multiplatform berbasis internet yaitu dengan memanfaatkan streaming youtube, media sosial, hingga website dalam menyebarluaskan konten beritanya.


Konvergensi jaringan

Hasil gambar untuk konvergensi jaringan

Koeksistensi efisien teleponvideo dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Konsep Jejaring Sosial

Hasil gambar untuk konsep jejaring sosial

    Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.

Sejarah Jejaring Sosial

Hasil gambar untuk sejarah jejaring sosial

Ide awal untuk menghubungkan antar komputer individu ke dalam suatu jaringan elektronik telah diusulkan sejak tahun 1978 oleh Roxanne Hiltz dan Murray Turoff. Mereka menyebutkan bahwa keterhubungan antar komputer secara elektronik ini akan menjadi basis atau pondasi terbentuknya computer-mediated communication (komunikasi dengan media komputer) dan akan berkembang menjadi computer-mediated social interaction (interaksi sosial dengan media komputer).

Seiring perkembangan teknologi infrastruktur jaringan komputer, maka saat ini konsep tersebut dapat terwujud secara penuh pada tahun 1985, dimana komunitas online mulai terbentuk melalui jaringan internet, nama komunitas tersebut adalah The Well. Pada tahun 1994 mulai marak muncul situs-situs komunitas online seperti: The Globe, Geocities, dan Tripod (1995).

Para anggota komunitas online perdana ini awalnya berinteraksi menggunakan fasilitas chat yang di dalamnya terdapat fitur chatroom. Pada chatroom tersebut memungkinkan setiap individu terhubung dengan seluruh pengguna lainnya, sehingga dapat saling berbagi informasi dan pendapat tentang segala hal. Hasil pembahasan ini nantinya akan dituliskan pada personal homepage (halaman situs pribadi) supaya dapat dibaca oleh orang lain (awal mula blogging).

Perkembangan situs komunitas online dapat menggabungkan fasilitas chat dan friends list ke dalam satu paket, namun perkembangan ini justru tidak disambut baik oleh para penggunanya. Situs-situs komunitas semacam ini mengalami penurunan popularitas dan dianggap tidak menguntungkan (non-profitable), bahkan beberapa situs terpaksa ditutup. Pada tahun 1999 muncul sebuah konsep situs komunitas online yang berbasis pada pertemanan (friendship-based). Fitur yang ada pada situs ini tidak hanya dapat menunjukkan siapa ‘berteman’ dengan siapa, namun penggunanaya juga diberikan kendali yang lebih untuk mengatur hubungan pertemanan dengan pengguna lainnya.

Mulai tahun 2002 hingga tahun 2004, muncul tiga situs jejaring sosial yakni: Friendster, kemudian diikuti oleh MySpace, Bebo dan terakhir Facebook. Pada tahun 2005, MySpace menjadi yang terbaik karena dapat mengalahkan Google dalam hal jumlah pengunjung. Awalnya Facebook merupakan situs jejaring sosial yang dibuat khusus untuk mahasiswa di Amerika, sehingga mereka bisa saling berinteraksi secara langsung. Inilah yang membedakan Facebook dengan situs jejaring sosial yang lain, karena Facebook berangkat dari suatu lingkungan komunitas yang nyata. Pada tahun 2006, Facebook mulai membuka diri untuk pengguna selain mahasiswa Amerika, sehingga perkembangan jumlah penggunanya meningkat sangat cepat. Sejak dibuat tahun 2004, pada tahun 2007 telah terdapat 21 juta pengguna Facebook dengan jumlah kunjungan per hari sebanyak 1.6 miliar kali dan berhasil menjaring sebanyak 22.000 perusahaan untuk bekerjasama dalam hal pemasangan iklan ataupun penjualan produk.

Situs Jejaring Sosial

Hasil gambar untuk situs jejaring sosial

Situs jejaring sosial merupakan situs yang dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya. Situs Jejaring Sosial dapat juga diartikan sebagai aplikasi yang memungkinkan penggguna untuk terhubung mengggunakan profil atau akun pribadiya

Layanan jejaring sosial

Hasil gambar untuk layanan jejaring sosial

Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan, platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau hubungan dunia nyata yang sama.

Dampak Jejaring Sosial

Dampak Positif

·         Sebagai media penyebaran informasi
Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Cakrawala dunia serasa berada dalam sentuhan jari kita.

·         Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial
Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.

·         Memperluas jaringan pertemanan
Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing, dll. Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang. Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau video call yang disediakan di situs jejaring sosial.

Dampak Negatif

·         Kejahatan dunia maya (cyber crime)
Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.

·         Melemahkan dan menurunkan sensitifitas
Penurunan sensitifitas yang dimaksud disini adalah menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata. Dengan jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.

Podcasting

Hasil gambar untuk podcasting

Sebuah sistem untuk mendownload file dari berbagai sumber seperti radio internet, ke dalam komputer personal dan mendengarkannya melalui komputer ataupun player media digital. Untuk dapat menikmati layanan ini, anda perlu melakukan registrasi pada radio internet ataupun sumber-sumber lain, dengan menggunakan software khusus. Setelah itu, software ini secara otomatis akan mendownload ke dalam komputer anda, setiap episode terbaru yang muncul di internet. Anda dapat mendengarkannya kapan saja dan di mana saja, seperti pada saat berangkat atau pulang dari kerja.

Manfaat Podcasting

·         Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif dan efisien.
·         Menyediakan retensi memori yang lebih baik.
·         Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas pemasaran situs.
·         Memberikan kenyamanan pengunjung situs sehingga tidak bosan untuk berkunjung kembali.
·         Menyediakan kemudahan dalam pemakaian.
·         Meningkatkan visibilitas situs pengguna.

Komponen Podcasting

·         File audio
Suatu file dimana isinya berupa suatu suara(audio) yang hanya bisa dibuka dengan media player.
·         Podcast Server
·         RSS FEED
Sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.

Cara Kerja Podcasting

Pada dasarnya setiap orang yang memiliki komputer dan akses ke Internet dapat turut berpartisipasi menyajikan konten untuk layanan podcast. Anda dapat merekam suara, lagu, puisi, pidato, ceramah, kultum, atau bahkan khotbah, kemudian menyimpannya dalam format MP3 dan meng-upload-nya ke salah satu website podcast yang ada. Selanjutnya biarkan orang lain yang tertarik dengan konten buatan Anda untuk men-download dan mendengarkannya di komputer atau MP3 player mereka.

Sedangkan untuk mendengarkan siaran podcast dari orang lain, Anda dapat masuk ke salah satu website podcast, men-download freeware untuk podcasting yang mereka sediakan (seperti iPodder atau iTunes), dan meng-install-nya di komputer. Selanjutnya, dari aplikasi tersebut Anda dapat mengklik hyperlink untuk mendengarkan konten podcast yang diinginkan. Anda dapat mendengarkannya langsung dari komputer, atau men-download-nya ke dalam MP3 player.

Penyebaran Berlangganan Podcasting

·     iTunes : Bila iTunes terpasang di komputer Anda, klik icon iTunes di bawah deskripsi program dan ikuti petunjuk untuk berlangganan iTunes.
·    MyYahoo : Bila Anda punya account Yahoo, Anda dapat berlangganan menggunakan MyYahoo. Klik icon MyYahoo di bawah deskripsi program dan ikuti petunjuk untuk berlangganan di MyYahoo.
·         RSS: Bila Anda tak punya iTunes ataupun Yahoo, Anda dapat menggunakan program reader podcast atau RSS untuk berlangganan. Kopi link untuk berlangganan yang terdaftar di bawah deskripsi program untuk berlangganan dengan program reader podcast atau RSS.

RSS

Hasil gambar untuk really simple syndicate

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary. Terkadang disebut dengan feed atau RSS feed. RSS adalah tipe web feed yang mengizinkan user dan aplikasi untuk menerima update reguler dari website atau blog yang mereka pilih.

Sejarah RSS

RSS dimulai dari tahun 1995 oleh Ramanathan V. Guha,dikembangkan sebagai meta content framework (MCF) yang bertujuan mendeskripsikan objek,atribut,dan hubungannya.kemudian timbray yang merupakan salahsatu pionir dari XML merubah format MCF menjadi berbasis XML yang disebut sebagai resource description framework (RDF) yang didefinisikan oleh world wide web consortium (w3c).RDF berguna untuk  merepresentasikan metadata dan relasi antar hal dasar yang disebut semantic web. RSS pertama kali muncul pada netscape portal sebagai RDF site summary,dimana user dapat mempersonalisasikan halaman mereka dengan apapun yangdidapat didalam internet lalu mengaksesnya melalui format file RSS.

Manfaat RSS

Manfaat yang diperoleh dengan adanya RSS adalah pembaca sangat dimudahkan dalam mengetahui update terbaru suatu website tanpa perlu mengunjungi alamat website tersebut, karena pembaca hanya butuh untuk berlangganan pengumpan (feed) dari website tersebut.

KONSEP IPTV

Hasil gambar untuk iptv

IPTV kependekan dari Internet Protocol television merupakan layanan televisi dengan jaringan Internet yang menggunakan arsitektur jaringan serta metode suite protokol Internet melalui paket-switched Jaringan Infrastruktur.


Sejarah IPTV

ABC World news adalah Operator Televisi pertama pada tahun 1994 yang memancarkan (broadcast) siaran televisi menggunakan jaringan internet. Software yang dipergunakan adalah “Video Conference CU-SeeMe”. Sebagai kelanjutannya pada 1998, Operator Radio via Internet, AudiNet memulai webcast secara langsung menggunakan IP.
Pada awalnya technology ini tidak sepenuhnya berkembang dengan baik dikarenakan lambatnya perluasan infrastruktur jaringan dengan pita lebar untuk dapat meng-akomodasi kebutuhan ini. Barulah pada tahun-tahun belakangan infrastruktur jaringan pita lebar semakin meluas sehingga mampu menjangkau 200 juta perumahan ditahun 2005 secara keseluruhan di dunia dan diperkirakan tumbuh kembang menjadi 400 juta perumahan pada 2010. Yang juga akan ikut memperluas penerapan technology IPTV ini secara tidak langsung.

Cara Kerja IPTV

IPTV hanya terdiri dari 3 komponen utama secara sederhana, yaitu sumber data, pengolah data, dan tujuan akhirnya. Pada bagian pertama, dapat dilihat terdapat dua contoh sumber data yaitu data yang berbentuk televisi dan video. Kemudian data tersebut dikonversikan oleh encoder menjadi sebuah bentuk data yang berbeda yang bisa disalurkan melalui jalur IP.

Pada bagian kedua, dapat dilihat terdapat dua jenis streaming yang berbeda sesuai dengan jenis data yang disalurkan. Pada streaming ini data dihantarkan atau disalurkan melalui jaringan IP untuk kemudian disampaikan pada tujuannya.

Pada bagian ketiga atau yang terakhir terdapat set top box. Ini merupakan suatu peralatan yabng dapat memungkinkan TV untuk dapat berhubungan dengan internet dan mengatur TV untuk dapat menerima siaran  TV yang berbentuk digital (DTV). Sehingga dapat dikatakan set top box ini juga berfungsi sebagai decoder, mengkonversi data yang disalurkan melalui jaringan IP untuk dapat diterima oleh TV.
 Layanan IPTV
 
·        Live tv, merupakan siaran televisi yang dipancarkan oleh stasiun-stasiun tv biasa.
·         Video, Music and News On Demand yaitu layanan siaran musik ,video dan siaran berita sesuai permintaan penonton.
·         Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan fax dengan menggunakan jaringan berbasis IP.
·         Parental guide, merupakan layanan untuk melindungi anak dan remaja dari siaran yang yang tidak diperuntukkan bagi usia mereka.

Perbedaan IPTV dengan Tv Analog

·         Platform
IPTV dan TV Analog mempunyai perbedaan yang cukup mendasar yaitu IPTV didasarkan pada jaringan telekomunikasi digital sedangkan pada TV Analog digunakan jaringan analog. IPTV menggunakan protokol internet untuk melakukan pengalamatan sedangkan pada televisi analog menggunakan frekuensi pancaran dari stasiun pemancar.

·         Cakupan Geografis
Jairngan yang dikontrol dan diatur pada IPTV mempunyai jangkauan yang terbatas tergantung pada ketersediaan operator telekomunikasi.Pada jaringan TV analog, system jaringan dimiliki oleh penyedia layanan tersebut, namun secara geografis cakupan TV analog bisa jauh lebih luas terutama karena adanya stasiun relay yang meneruskan siaran dan juga adanya satelit yang membantu dalam melakukan siaran televisi

·         Kepemilikan Infrastruktur Jaringan
TV analog mempunyai jaringan yang dikuasai oleh sendiri, tetapi ada juga jaringan yang dimiliki oleh bersama. Kontrol terhadap jaringan yang ada dalam ruang lingkupnya cenderung lebih lemah kaena cakupan geografisnya cuup besar Begitu juga terhadap kontrol penyiarannya, seringkali dapat melewati batas antar negara sehingga kadang menggangu jaringan di negara lain, sebagai contoh kasus penyaiaran piala dunia 2006 di mana di Indonesia hak siarnya berada pada TV yang tidak berbayar sedangkan di Malaysia hak siar berada pada televisi berbayar. Oleh karena siaran televisi Indonesia mampu masuk ke Malaysia maka terjadi protes dari TV berbayar tersebut. Sedangkan ada IPTV digunakan jaringan yang dimiliki oleh sendiri (privat) sehingga perbaikan dan juga pengawasan terhadap jaringan biasanya lebih cermat dan baik yang akan mendukung kulitas layanan IPTV.

·         Mekanisme Akses
Mekanisme akses pada IPTV adalah dengan menggunakan sebuah digital set-top box yang digunakan untuk mengakse dan mengodekan kembali konten video yang dikirmkan. Sedangkan pada TV analog menggunakan peralatan penguat dan filter untuk memisahkan gelombang pembawa sebagai kompnen utamanya.

·         Biaya
Layanan Televisis analog dapat dinikmati secara gratis dan sebagai kompensasi maka akan ditayangkan sejumlah iklan pada sela-sela acara sehingga cukup mengganggu ketika menonton suatu acara tertentu. sedangkan pada IPTV ada biaya tertentu yang harus dibayarkan bisasnya dalam periode per bulan.

·         Metedologi Layanan
Layanan TV Analog biasanya hanya dari saatu penyedia layanan saja misalnya stasiun RCTI hanya menyediakan ayana dari RCTI, begitu juga dengan SCTV, TPI, dan Indosiar. ,Sedangkan IPTV menggunakan beberapa program yang ditayangkan oleh stasiun televise tradisonal dan juga film, dimana media yang mendukung layan ini cukup banyak.




DAFTAR PUSTAKA

  • wikipedia.org(2018, 6 Desember). Konvergensi Media. Dikutip 4 November 2019 dari:https://id.wikipedia.org/wiki/Konvergensi_media
  • wikipedia.org(2019). Layanan Jejaring Sosial. Dikutip 4 November 2019 dari:https://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_jejaring_sosial
  • Yuhefizar (2008). 10 Jam Menguasain Internet: Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Elex Meda Komputindo. Dikutip dari: https://books.google.co.id/books?id=9fqjk7jC940C&pg=PA6&dq=sejarah+internet&hl=jv&sa=X&ved=0ahUKEwj_x-_St4rlAhWi73MBHfD6CBQQ6AEINTAC#v=onepage&q=sejarah%20internet&f=false


No comments:

Post a Comment