Tuesday 8 October 2019

SEJARAH, PERKEMBANGAN, DAN PENGERTIAN INTERNET


SEJARAH, PERKEMBANGAN, DAN PENGERTIAN INTERNET

Pengertian Internet
Hasil gambar untuk jaringan internet


Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking, yang berarti rangkain komputer yang saling terkoneksi atau terhubung satu sama lain.

Jadi pengertian internet adalah suatu jaringan global yang menghubungkan setiap perangkat komputer dengan menggunakan sistem Transmission Control Protocol Suite (TCP/IP). Setiap perangkat yang terhubung memiliki identitas unik berupa kombinasi angka yang disebut dengan alamat IP (Internet Protocol Address). Internet melibatkan berbagai jenis perangkat dan topologi jaringan yang berbeda-beda sebagai protokol pertukaran data, sehingga memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi, berkomunikasi dan saling bertukar informasi atau tukar menukar data.

Sebagian orang juga menganggap internet adalah singkatan dari international network yang menghubungkan semua tipe dan jenis komputer di seluruh dunia dengan menggunakan alat komunikasi seperti telepon, satelit dan sebagainya.


Pengertian Internet menurut para ahli

1.         Alexander F.K. Sibero

Dalam bukunya yang berjudul “Kitab Suci Web Programming” diterbitkan pada Oktober 2011 oleh Mediakom, menyebut Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan antar jaringan secara global, internet dapat juga disebut jaringan alam atau jaringan yang luas.

2.         Timothy John Berners Lee
Berners Lee seorang ahli yang dikenal karena konsep WWW yang diciptakannya menyebutkan internet merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini menjelaskan konsep dari internet dimana suatu jaringan komputer lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

3.         Onno W. Purbo
Pengertian internet menurut Onno W. Purbo adalah sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang dihubungkan dengan berbagai aplikasi serperti Website, VoIP, dan E-mail.

4.         Sarwono
Sarwono pernah menjelaskan pengertian internet adalah suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global dan tidak ada seorang pun yang dapat bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

5.         Oetomo
Menurut Oetomo (2012) mengatakan bahwa internet merupakan singkatan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.


Sejarah dan Perkembangan Internet

Hasil gambar untuk perkembangan internet

Internet atau World Wide Web (www) berumur 30 tahun pada 11 Maret kemarin. Namun, sebenarnya sejarah internet sudah dimulai sejak lima puluh tahun lalu. Usia 30 tahun ini terhitung dari akses World Wide Web yang dikhususkan untuk publik ditemukan pada 1989.

Selama itu juga internet telah berkembang dan menjadi kesatuan gaya hidup yang tak terpisahkan dari keseharian kita. Mulai untuk mendapatkan berita, memesan transportasi serta makanan, membeli tiket, bahkan bekerja, dapat dilakukan dengan mudah melalui sentuhan jari.

Konsep kerja Internet sendiri adalah menghubungkan komputer pengguna dengan komputer-komputer lain di seluruh dunia, memungkinkan pengguna yang terhubung untuk saling berinteraksi. Dari konsep itulah, sebutan online yang berarti 'dalam jaringan' lahir.

1969: Internet dicetuskan 

Pada Oktober 1969, peneliti-peneliti di Universitas California di Los Angeles (UCLA) berupaya untuk mengirimkan data dari satu komputer ke komputer lain. Mereka berupaya untuk mengirimkan tiga huruf, yaitu 'LOG', ke komputer kedua dalam bentuk kode biner, dimana komputer kedua nantinya akan menambahkan dua huruf lagi, sehingga menjadi 'LOGIN'.
Suksesnya penelitian tersebut melahirkan proyek ARPANET, yang dikembangkan dan ditujukan untuk keperluan militer Amerika Serikat. Sistem yang dinyatakan sebagai pendahulu internet tersebut semakin bertumbuh, dari yang sebelumnya hanya menghubungkan 4 komputer, menjadi 13 pada 1970. Pada 1981, telah ada 231 komputer yang terhubung dalam jaringan ARPANET.

1971: Surat elektronik pertama

Ray Tomlinson, seorang Amerika, pada tahun 1971, mengirimkan surat elektronik pertama menggunakan ARPANET, dan mencetuskan penggunaan simbol '@' dalam alamat surel kita saat ini. Simbol '@' digunakan untuk memisahkan nama pengguna, dengan jaringan yang sedang digunakan. Simbol "@" pada alamat email pertama kali digunakan pada 1971 (Unsplash)

1983: Komunikasi antar jaringan

Sebelumnya, agar dua komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dalam satu jaringan, diperlukan semacam 'protokol' berupa rangkaian tahapan, yang ditentukan oleh pengatur komunikasi. Pada 1970, Robert Kahn, dan Vinton Cerf, mengembangkan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang memungkinkan pertukaran data dilakukan bukan hanya dalam komputer dengan jaringan yang sama, melainkan juga dalam jaringan berbeda. Penggunaan TCP/IP masih digunakan hingga hari ini. ARPANET mengadopsi teknologi ini pada 1 Januari 1983, memungkinkan hubungan dengan jaringan komputer lain seperti Universitas. Pada poin inilah, internet ada dalam wujudnya yang kita kenal sekarang.

1990: Lahirnya WWW

WWW dicetuskan oleh Tim Berners- Lee pada 12 Maret 1989, yang saat itu bekerja untuk lab fisika CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir). Ia mengusulkan sistem manajemen informasi yang terdesentralisasi.

Pada saat itu, CERN memiliki ribuan karyawan, dan semakin banyak dengan masuknya karyawan baru. Sangat sulit untuk mendapatkan informasi yang mungkin berkaitan, tetapi tidak diketahui, karena tempat penyimpanan yang berbeda tempat.

Usulnya adalah sistem koneksi hypertext, serta pencarian menggunakan kata kunci, yang dihubungkan dengan informasi-informasi terkait. Sulitnya bertukar menyampaikan file berbeda di dalam institusi menyebabkan Tim Berners- Lee  mencetuskan sistem hypertext yang menjadi awal mula internet publik. (AFP PHOTO / dpa / Patrick Seeger / Germany OUT)
 
Pada tahun 1990, Robert Cailliau dari Belgia membantu mengembangkan usul Berners-Lee. Penemuan ini didasarkan pada dua pilar, yaitu: bahasa pemograman HTML, yang memungkinkan keberadaan website, serta protokol pertukaran hypertext HTTP, yang memungkinkan pengguna meminta, dan menerima laman yang diinginkan.

Sistem ini kemudian disebarluaskan pada April tahun 1993, dan semakin populer seiring rilisnya Mosaic pada bulan November. Mosaic merupakan situs pencari (search engine) pertama. Jumlah situs yang dapat diakses, kemudian meledak dari beberapa juta di awal 1990, menjadi 400 juta pada tahun 2000.
 
2000an: Jejaring sosial, dan perangkat mobile

Tahun 2000 mulai menjadi titik penggunaan jejaring sosial. Jejaring sosial mulai diciptakan pada tahun 2003, hingga setahun kemudian, Mark Zuckerberg menciptakan Thefacebook.com yang awalnya ditujukan untuk menghubungkan mahasiswa-mahasiswa Harvard. Facebook kemudian berkembang menjadi salah satu raksasa media sosial dengan sekitar 2,3 miliar pengguna.

Pada tahun 2007, Apple mengguncang dunia dengan iPhone, dan memulai tren ponsel pintar yang kita ketahui hari ini, sementara selama 10 tahun, layanan berlanggan untuk mobile broadband telah meningkat dari 268 juta, menjadi 4,2 miliar di seluruh dunia.


Definisi dan Manfaat New Media 

Hasil gambar untuk new media


Definisi new media secara eksklusif merujuk pada teknologi komputer yang menekankan bentuk dan konteks budaya yang mana teknologi digunakan, seperti dalam seni, film, perdagangan, sains dan diatas itu semua internet. Sementara Digital media merupakan kecenderungan kepada kebebasan teknologi itu sendiri sebagai karakteristik sebuah medium, atau merefleksikan teknologi digital (Dewdney and Ride. 2006 : 8 & 20).

Untuk melakukan intergrasi dengan media baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggan setianya, baik pembaca online maupun cetak. Perkembangan media baru sebenarnya merujuk kepada sebuah perubahan dalam proses produksi media, distribusi dan penggunaan. Media baru tidak terlepas dari key term seperti digitality, interactivity, hypertextuality, dispersal dan virtuality (Lister, 2003 : 13).  Dalam konsep digitality semua proses media digital diubah (disimpan) ke dalam bilangan, sehingga keluarannya (out put) dalam bentuk sumber online, digital disk, atau memory drives yang akan diubah dan diterima dalam layar monitor atau dalam bentuk ‘hard copy’. Konsep Interactivity merujuk kepada adanya kesempatan dimana teks dalam media baru mampu memberikan users untuk ‘write back into the text’. Sedangkan konsep dispersal media baru lebih kepada proses produksi dan distribusi media menjadi decentralised dan mengandalkan keaktifan individu (highly individuated). Batasan new media sering disamakan dengan digital media, yang semestinya new media lebih pada konteks dan konsep budaya kontemporer dari parktik media daripada seperangkat teknologi itu sendiri (medium).


Pandangan New Media

New media merupakan media yang dapat meningkatkan interaksi sosial antar manusia contohnya melalui beberapa jejaring sosial namun tetap sesuai kaidah dan norma kesopan santunan Media baru yang saat ini sedang populer adalah handphone atau smartphone.

Zaman sekarang, bagi sebagian besar masyarakat handphone adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bahkan sangat diperlukan. karena semakin berkembangnya teknologi handphone tidak hanya digunakan untuk media komunikasi saja seperti sms atau telpon saja. Sekarang banyak handphone yang menyediakan fitur-fitur untuk browsing,chatting dan lain-lain. New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

MANFAAT NEW MEDIA

    Bidang Pendidikan

Dalam bidang ini, tentunya manfaat new media sangat besar, dan di rasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa. Para pelajar atau mahasiswa seperti saya bisa mencari bahan bahan materi yang di perlukan oleh mereka, jadi kita dapat mengurangi biaya dalam membeli buku, karena kita bisa men-download suatu buku digital yang isinya adalah bahan-bahan materi yang kita perlukan, dan filenya bisa kita simpan dalam direktori yang ada dalam laptop ataupun notebook, jadi lebih simple dan praktis, tinggal membawa laptop atau notebook kita jika diperlukan tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.

    Bidang Kesehatan

Dalam bidang ini ,banyak sekali manfaat yang di rasakan langsung oleh orang yang sedang sakit, atau orang yang ingin mencari sesuatu bahan alami untuk menjaga kesehatan. Biasanya orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang tradisional.

    Bidang Pencarian Kerja

Dalam bidang ini juga tentunya sangat berguna untuk orang – orang yang ingin mencari pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa menetahui lowongan pekerjaan, tanpa harus membeli koran atau keliling ke tempat perusahaan. Karena biasanya setiap instansi / perusahaan memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari instansi itu. Melalui New Media juga para pelamar kerja bisa mendaftar lewat online.

    Bidang Jula Beli

Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang – orang, manfaatnya dapat dirasakan pembeIi cukup melihat gambar/photo barang lalu melihat kode barang dan membuat pesan di website tersebut yang isinya adalah nama, no rek, kode barang dan kode post, jadi tidak perlu datang ke store-store yang menjual barang tersebut. Transaksi pembayaran dapat di lakukan dengan menggunakan ATM/ebanking dll. Lalu manfaat yang dirasakan oleh penjual adalah dia dapet menjual barang ke manapun. Dan pengiriman barangpun dapat menggunakan jasa pengiriman barang seperti GNE, Kantor Pos, Dll. Namun terkadang kualitas barang yang dijual tidak sebagus barang yang ada digambar / photo, dan bagi anda yang ingin membeli barang via Internet juga harus waspada akan penipuan. Di sini ada juga forum jual beli yang lumayan banyak di akses orang yaitu kaskus.

    Bidang Sosial

Bidang yang sekarang paling banyak di akses oleh orang-orang, karena banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakuakan kegiatan sosial, salah satunya Facebook, Friendster, Twitter, My Space, Yahoo Messangger, Yahoo dan lainnya. Melalui website tersebut kita dapat bersilaturahmi pada sanak sodara yang ada di manapun, di website kita juga dapat mengirim photo,video dll.


Aplikasi New Media

    Jejaring Sosial

Hasil gambar untuk jejaringan media

Contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.


    Online Shop

Hasil gambar untuk online shop

Produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.


    Informasi/Pendidikan

Hasil gambar untuk wikipedia
Untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.



Kelebihan dan kekurangan  New Media

Kelebihan :

1.      Harus diakui kalau media baru dalam bentuk elektronik yang lalu lalang di jaringan internet adalah sebuah media informasi masa depan. Harus diakui juga kalau media baru ini memiliki footprint yang luar biasa menjangkau berbagai lapisan pembaca dari berbagai kelas, dan akan melampaui jumlah pembaca media tradisional. 

2.      Siapa saja boleh mengemukakan pendapatnya. Kita dapat berkomunikasi secara masing-masing atau secara massa yang dapat dilakukan dimana saja diseluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja. 

3.      Kita dapat menyebarkan (publish) informasi yang bisa di akses dari mana saja di seluruh dunia dalam waktu singkat. 

4.      Kita dapat berkomunikasi secara langsung (real time) melalui telepon dan unit video processing. Kita bisa melakukan "chat" melalui jaringan gratis "chat" yang sangat luas yaitu mIRC.


Kekurangan :

1.      Sebagai ajang “debat kusir” yang berkepanjangan. Ironisnya, debat ini sering kali bersembunyi atas hak anonimitas. 

2.      Fitnah di era digitalisasi memang menjadi sesuatu yang murah dan diumbar oleh siapa saja tanpa pembuktian yang jelas. 

3.      Ketersediaan infrastruktur telekomunikasi. Jaringan telepon masih belum tersedia di berbagai tempat di Indonesia. Biaya penggunaan jasa telekomunikasi juga masih mahal. 

4.      Sumber daya manusia masih terbatas 

5.      Perlu pengawasan guru dan orang tua agar siswa tidak mengakses situs-situs fornografi (Danim, 2007).

6.    Sering di salah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak benar untuk melakukan tindakan kriminal.(misalnya : di gunakan untuk ajang penipuan berkedok pertemanan , kemudian setelah sudah kemakan hasutan pelaku. orang tersebut bisa di jual jadi PSK atau di culik.

7.     Banyak sekali account account palsu yang mengaku dirinya seorang artis atau apa gtue. dan terkadang itu bisa di jadikan salah satu objek perusakan nama baik seseorang.


 DAFTAR PUSTAKA
  • cnnindonesia.com (2019, 3 Januari). Mengenal Sejarah Internet. Dikutip 8 Oktober 2019 dari cnnindonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190312125646-185-376484/mengenal-sejarah-internet
  • Darma, Jarot S (2009). Buku Pintar Menguasai Internet.Jagakarsa, Jakarta Selatan: PT TransMedia. Dikutip dari: https://books.google.co.id/books?id=7LmY998ljJwC&pg=PA2&lpg=PA2&dq=ebooks+sejarah+internet&source=bl&ots=pDb3PrWNB2&sig=ACfU3U1rPBYPa953i_fVvIHJWJg7nfpXJw&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiZ4sbuvYzlAhWBr48KHWUaCo04ChDoATAHegQICRAB#v=onepage&q&f=false
  • Kompasiana.com (2018, 3 Juli). Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial. Dikutip 8 Oktober 2019 dari kompasiana: https://www.kompasiana.com/yuzrilindrawan6084/5b3b2294f1334451c515dca2/plus-minus-sosial-media      


No comments:

Post a Comment