Tuesday 3 December 2019

E-Learning


PENGERTIAN E-LEARNING

Hasil gambar untuk E-LEARNING

Electronic Learning atau dikenal dengan sebutan e-learning adalah cara dalam belajar mengajar dengan menggunakan media elektronik, khususnya menggunakan jaringan Internet sebagai sarana pembelajarannya. Atau e-learning yaitu suatu metode belajar mengajar, yang dimana melibatkan alat-alat elektronik sebagai media perantaranya (komputer, laptop dll.). Yang termasuk kedalam e-learning misalnya seperti proses belajar mengajar berbasis web atau berbasis online.

Arti e-learning secara luas yaitu mencangkup proses pembelajaran yang dilakukan dengan media elektronik seperti menggunakan internet, baik itu secara formal maupun secara informal. E-learning secara formal seperti pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dll. yang sudah disusun dan diatur berdasarkan jadwal yang telah disepakati oleh pihak yang ada kaitannya dengan E-learning. Selain itu e-learning juga dapat dilakukan secara informal dengan interaksi yang sederhana seperti melalui web pribadi, mailinglist dll. Pembelajaran menggunakan e-learning saat ini sudah banyak digunakan oleh sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia maupun di negara-negara lain.

Tujuan dari e-learning salah satunya supaya materi pembelajaran dapat digunakan dan dipelajari oleh seluruh pihak yang membutuhkannya karena dengan e-learning akan mempermudah dalam mengaksesnya dan proses pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama ada koneksi internet.

Hasil gambar untuk E-LEARNING

Dapat disimpulkan karakteristik dari e-learning diantaranya seperti memanfaatkan jasa teknologi elektronik, memanfaatkan fungsi dari komputer dan menggunakan bahan-bahan ajaran yang sifatnya mandiri.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat sehingga mendorong berbagai macam lembaga untuk memanfaatkan sistem e-learning khususnya lembaga yang bergerak di dunia pendidikan dengan maksud untuk meningkatkan efektifitas belajar mengajar. Melalui e-learning materi-materi pembelajaran dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet dan juga materi-materi dapat diperkaya dengan berbagai macam sumber pembelajaran.

Perkembangan e-learning saat ini dapat dikatakan tergolong masih baru dan penerapan dari e-learningpun bervariasi, berdasarkan hasil pengamatan dari berbagai sistem pembelajaran berbasis web yang tersebar di internet saat ini dapat ditemukan e-learning dari yang sederhana hingga yang kompleks atau terpadu yang biasanya berupa portal e-learning yang isinya berbagai macam objek pembelajaran yang dilengkapi dengan multimedia serta dipadukan dengan sistem informasi komunikasi, evaluasi, akademik dan diskusi.


MANFAAT E-LEARNING

Hasil gambar untuk kekurangan e-learning
  • Efisiensi Biaya.
E-learning tersebut memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggarannya, efisiensi penyediaan sarana serta juga fasilitas fisik untuk dapat belajar serta juga efisiensi biaya bagi pembelajar ialah biaya transportasi serta akomodasi.
  • Fleksibel.
E-learning tersebut memberi fleksibilitas didalam memilih waktu serta juga tempat untuk dapat mengakses perjalanan.
  • Belajar Mandiri.
E-learning tersebut memberi kesempatan bagi pembelajar dengan secara mandiri memegang seluruh kendali atas keberhasilan dalam proses belajar.

Manfaat E-learning dengan menurut Pranoto, dkk (2009:309) antara lain sebagai berikut:
  • Meningkatkan suatu partisipasi aktif dari mahasiswa.
  • Meningkatkan suatu kemampuan belajar mandiri mahasiswa.
  • Meningkatkan suatu kualitas materi pendidik serta juga pelatihan.
  • Meningkatkan suatu  kemampuan untuk dapat menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, yang mana dengan perangkat biasa akan sulit dilakukan.

KELEBIHAN & KEKURANGAN E-LEARNING

Hasil gambar untuk E-LEARNING
 
Keuntungan dari penggunaan e-learning yaitu
  • Merupakan media komunikasi yang efektif, cepat dan kredibel untuk menyampaikan materi elearning dari seorang pakarnya
  • Mencakup area yang luas
  • Peserta memperoleh visualisasi lengkap pembicarannya.
  • Kelas Besar atau kecil : Kelas tidak membutuhkan bentuk fisik lagi, semuanya dapat dibangun dalam aplikasi Internet.
  • Kapan saja, dimana saja : Dapat diakses dari lokasi mana saja dan bersifat global. Elearning menghilangkan batasan waktu dan tempat dengan karakteristik kelas tradisonal dengan menggunakan mode komunikasi asynchronous seperti email, diskusi online, mahasiswa dapat mengakses 24 jam setiap hari.
  •  Membangun Komunitas : Pembelajaran adalah proses sosial. Siswa dapat belajar saling tukar informasi satu dengan yang lain seperti dengan instruktur. Dapat diciptakan interaksi yang bersifat real time maupun non-real time.
  • Peningkatan Pembelajaran siswa : Melalui Internet organisasi akan dapat lebih fokus pada penyelenggaraan program pendidikan/pelatihan. Mengakomodasi keseluruhan proses belajar dan juga transaksi. Materi dapat dirancang secara multimedia dan dinamis. Peserta belajar dapat terhubung ke berbagai perpustakaan maya di seluruh dunia dan menjadikannya sebagai media penelitian dalam meningkatkan pemahaman pada bahan ajar. 
  • Sedangkan untuk keuntungan dari penggunaan blended learning sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, tapi lebih daripada itu sebagai elemen dari interaksi sosial yaitu:
Gambar terkait 

Kekurangan dari sistem pembelajaran E-Learning adalah sebagai berikut :
  • Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial.
  • Proses belajar dan mengajarnya cenderung kearah pelatihan daripada pendidikan.
  • Berubahnya peran guru dan yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.
  • Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal
  • Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet (mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
  • Kurangnya penguasaan komputer.
  • Kurangnya interaksi antara guru dan siswa bahkan antar-siswa itu sendiri. 


PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN E-LEARNING
Hasil gambar untuk PT WIJAYA KARYA



PTT Wijaya Karya (Persero) fokus membangun sumber daya manusia-nya. Melalui strategi PPT atau People, Process, dan Technology, perusahaan ini ingin mengubah tidak hanya dari sisi mindset karyawan, tapi juga bisnis proses dan teknologinya. Sehingga keseluruhannya berimpak pada kinerja perusahaan dan membuat perusahaan semakin go global.



Perusahaan juga melakukan centralized training, non financial benefit, program pendikan S2, flexy work outfit, dan mentor appreciation award. Kemudian dari aspek teknologi, perusahaan mengembangkan wellbeing dashboard, Knowledge Management (KM) Dashboard, E-learning, Sistem Informasi Manajemen Hasil Usaha (SIMHU), Human Capital Information System (HCIS). Pada Maret 2017 perusahaan menerapkan aplikasi HCIS tersebut.

“Sejak dini, perusahaan sudah bersiap melakukan transformasi badang bidang human capital. Upaya ini dimulai sejak proses perekrutan,  pengembangan SDM --termasuk gen Y, bagaimana menerapkan sistem atraksi dan me-retain para talent, hingga kaderisasi kepemimpinan,” ujar Novel Arsyad, Direktur Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Sistem WIKA.

Dengan E-Learning, dapat memberikan beberapa keuntungan bagi PT Wijaya Karya yaitu, kursus pelatihan bagi pegawai, efisiensi dalam pembelajaran, media komunikasi yang efektif, cepat dan kredibel untuk menyampaikan materi, efisiensi biaya, dapat diakses dari lokasi mana saja dan bersifat global, dll.






DAFTAR PUSTAKA

  • pengertianku.net(2016, 7 Juni). Pengertian E-Learning Dan Keuntungan Yang Didapatkan. Dikutip 3 Desember 2019 dari: http://www.pengertianku.net/2016/06/pengertian-e-learning-dan-keuntungannya.html
  • Setiawan, Parta (2019, 19 Juli). Pengertian E-Learning. Dikutip 3 Desember 2019 dari: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning
  • Riadi, Muchlisin (2014, 17 Juni). Pengertian, Karateristik dan Manfaat E-Learning. Dikutip 3 Desember dari: https://www.kajianpustaka.com/2014/06/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-elearning.html
  • Hartono, Sugiarto (2017, 18 Januari). Apa Saja Kelebihan Dan Kelemahan Punggunaan E-Learning. Dikutip 3 Desember 2019 dari: https://sis.binus.ac.id/2017/01/18/apa-saja-kelebihan-dan-kelemahan-penggunaan-e-learning/
  • kompasiana.com (2018, 17 Juli). Penerapan Konton “E-Learning” Pada Perusahaan. Dikutip 3 Desember 2019 dari: https://www.kompasiana.com/kiki28621/5b4dfbc05a676f57431b00c2/penerapan-konten-e-learning-pada-perusahaan?page=all
  • bumn.go.id (2017, 30 Agustus). Ini Cara Transformasi WIKA di Bidang SDM. Dikutip 14 Januari 2020 dari: http://bumn.go.id/wika/berita/1-Ini-Cara-Transformasi-WIKA-di-Bidang-SDM
  • Simanihuruk, Lidia (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis. Dikutip dari: https://books.google.co.id/books?id=hhDGDwAAQBAJ&pg=PA138&lpg=PA138&dq=Empy+Effendi,+Hartono+Zuang.+2005.+E-Learning+Konsep+dan+Aplikasi.+Jakarta+:+Penerbit+Andi+Yogyakarta.&source=bl&ots=eHSMFJWoe3&sig=ACfU3U2blUnaj1EgFwQR2qFPxB3bCjTAEQ&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwinw8iQ3YXnAhUFb30KHcdeCOgQ6AEwAnoECAoQAQ#v=onepage&q=Empy%20Effendi%2C%20Hartono%20Zuang.%202005.%20E-Learning%20Konsep%20dan%20Aplikasi.%20Jakarta%20%3A%20Penerbit%20Andi%20Yogyakarta.&f=false
    Darma, Jarot S (2009). 
       


No comments:

Post a Comment