Tuesday 30 October 2018

Pemanfaatan Komputer dan IT Dalam Dunia Industri


Nama                   : Hayyan Nasrullah

Kelas                    : 1IA22

NPM                     : 53418096

Mata Kuliah        : Pengenalan Teknologi, Komputer dan Informasi A



Teknologi informasi atau yang sering disebut dengan singkatan IT merupakan salah satu produk teknologi yang mengalami perkembangan dan juga kemajuan paling pesat di antara produk teknologi yang lain. Sifat almi manusia sebagai makhluk social yang ingin selalu berinteraksi menjadi penyebab semakin berkembangnya teknologi informasi di era modern seperti saat ini. Banyak manfaat IT yang bisa dirasakan oleh banyak manusia untuk mempermudah aktivitas sehari-hari mereka dalam menyebarkan ataupun menerima informasi.
Dengan demikian, semakin berkembangnya teknologi informasi sebagai sarana menyampaikan dan menerima informasi dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia, maka semakin banyak pula manfaat teknologi informasi bagi banyak aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah dalam bidang industri. Industri merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam kehidupan yang dapat meningkatkan perekonomi manusia. Penerapan teknologi informasi dalam dunia industri sangatlah penting. Karena, teknologi informasi berperan dalam melakukan efisiensi yang mana dapat meningkatkan profit perusahaan. Terdapat berbagai macam manfaat teknologi informasi bagi dunia industri antara lain:

1.      Bidang Industri Otomotif

Image result for industri otomotif dengan komputer 
Perancangan : Proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi.
Produksi : Pada tahap produksi, semua perusahaan otomotif menggunakan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan program Computer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM) karena memiliki kecepatan, kemampuan dan ketelitian yang lebih tinggi.
Pemasaran : Kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Hampir semua pelaku industri otomotif memiliki website resmi yang terbukti ampuh sebagai media pemasaran. Kemudahan memasang iklan dan penyebaran informasi produk mengakibatkan tingginya minat konsumen Ini menjadi faktor utama yang mendukung industri ini untuk berkembang.

2.     Bidang Industri Elektronik

Image result for alat industri elektronik 
Dengan tenaga robot yang sudah di program sedemikian rupa, industri elektronik mampu merakit  komponen elektronik dengan cepat dan efisien sehingga menjadi sebuah produk yang mampu mempunyai nilai jual yang tinggi berkat bantuan komputer.

3.     Bidang Industri Transportasi

Image result for industri transportasi dengan komputer 
Penggunaan komputer di bidang transportasi, misalnya komputer yang digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas .Di negara maju lainnya banyak kereta yang sudah dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer. Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu

4.     Bidang Industri makanan

Image result for Coca-Cola Freestyle Soda Fountain
Beberapa aplikasi yang sudah digunakan di berbagai restoran atau industri makanan adalah penggunaan kartu kredit untuk melakukan pembayaran dan pemesanan makanan dengan menggunakan aplikasi berbasis layar sentuh. Mesin vendor seperti MooBella yang menjual es krim dapat memproduksi berbagai variasi rasa es krim dalam waktu yang cepat yakni sekitar 40 detik. Contoh lainnya adalah mesin  Coca-Cola’s Freestyle Soda Fountain yang dapat menghasilkan minuman dengan berbagai rasa sesuai keinginan hanya dengan satu mesin berbasis layar sentuh.

5.     Bidang Industri Percetakan 

Image result for percetakan koran

Percetakan koran, majalah, buku – buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dan tidak up-to date lagi.

6.     Bidang Industri Sepatu

Image result for industri sepatu dengan komputer 

Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan sistem komputer. Pertama – tama model dikerjakan dengan program CADCAM untuk mendesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan mal cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.


No comments:

Post a Comment